SEBANYAK 45 PESERTA DIDIK MAN 2 TUBAN IKUTI GLADI BERSIH, PERSIAPAN AN

By Tim Redaksi Pada : 09 Sep 2021, 05:05:59 WIB, - Kategori : SEBANYAK 45 PESERTA DIDIK MAN 2 TUBAN IKUTI GLADI BERSIH, PERSIAPAN AN

WartaMandatu- Gladi bersih AN (Asesmen Nasional) dilakukan MAN 2 Tuban untuk mempersiapkan peserta didik kelas XI yang telah terpilih. Gladi bersih hari pertama dilaksanakan pada Rabu (08/09) di 3 ruang laboratorium komputer secara bersamaan. 45 peserta didik dan 4 peserta cadangan telah bersiap untuk mengikuti dan mewakili madrasah untuk AN dengan jadwal yang telah disiapkan.

AN (Asesment Nasional) merupakan program/kebijakan pemerintah sebagai pengganti dari UN (Ujian Nasional). Asesmen akan digunakan untuk pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Asesmen Nasional tidak menentukan kelulusan peserta didik, namun untuk menunjukkan pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik. Asesmen ini terdiri atas 3 instumen, yakni AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Perbedaan lain UN dan AN adalah pada AN ditujukan untuk peserta didik kelas V, VIII, dan XI, bukan pada jenjang akhir.

MAN 2 Tuban terus melakukan persiapan untuk mengikuti program AN yang sesuai dengan jadwal akan dilaksanakan pada 27-30 September 2021 mendatang. Untuk itu pihak madrasah gencar menyiapkan peserta didiknya agar siap mengikuti AN. Sebelum mengikuti gladi bersih AN, peserta didik yang terpilih telah mengikuti  simulasi pada Senin (30/08). Pelaksanaan gladi bersih dilakukan pada tanggal 8-9 September 2021 dimulai pukul 07.30. Peserta didik akan dihadapkan pada 3 jenis ujian, yakni Literasi membaca dan numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Hari ini peserta didik dihadapkan pada tes literasi baca yang terdiri dari fiksi dan informasi serta tes Survei Karakter. Kemudian dilanjutkan tes numerasi dan Survei Lingkungan Belajar untuk jadwal besuk.

Alvin Masruroh, S. S., M. Pd selaku waka kurikulum MAN 2 Tuban berupaya seoptimal mungkin untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi AN. Beliau meminta anak-anak yang terpilih mengikuti AN untuk tetap tenang dalam menghadapi AN. “Tetap berusaha mengerjakan dengan baik dan dimaksimalkan karena bagaimanapun juga kalian mewakili madrasah kita, tetapi juga jangan dijadikan beban yang berat juga, yang terpenting adalah berusaha dengan maksimal,” ucapnya melalui group whatsapp.

Moda pelaksanaan AN ini, MAN 2 Tuban memilih menggunakan Moda Semi-daring. Pemilihan moda Semi-daring untuk menghindari macetnya jaringan karena akan digunakan seluruh Indonesia. Gladi bersih yang dilakukan juga disetting sama dengan pelaksanaan AN mendatang. Waka Kurikulum juga menjelaskan kekurangan yang muncul pada gladi bersih hari ini. “ada beberapa kekurangan pada gladi bersih kali ini, salah satunya adalah sejak simulasi hingga pada pelaksaan gladi bersih ini untuk angket Survei Karakter tidak muncul, jadi yang muncul hanya pilihan jawabannya saja,”.

Semoga AN yang akan dilakukan beberapa minggu mendatang ini memberikan gambaran dan feedback mengenai kondisi dan proses pembelajaran yang ada di madrasah sehingga fungsinya lebih kepada evaluasi formatif bukan sumatif seperti UN.