Kemampuan Guru dalam Proses Pembelajaran Fikih

By Fathony Irsat Pada : 19 Okt 2016, 18:11:14 WIB, - Kategori : JurnalKemampuan Guru dalam Proses Pembelajaran Fikih

Dalam dunia pendidikan khususnya lembaga formal di Madrasah Aliyah Negeri Rengel Kabupaten Tuban, masalah proses belajar mengajar sering mengalami kendala. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran fikih adalah kurang adanya kesadaran siswa dalam melakukan praktik agama, padahal ajaran agama bukan hal yang bersifat teoritis melainkan suatu hal yang bersifat praktis. Pelajaran fikih adalah pelajaran yang memerlukan penerapan secara langsung. Kendala tersebut dapat diatasi dengan meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran fikih. Berdasarkan uraian tersebut, judul penelitian ini “Kemampuan Guru dalam Proses Pembelajaran Fikih”. Penelitian ini dirancang dalam bentuk kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, dan enam guru mata pelajaran agama Islam khususnya, dua orang guru fikih, dan 48 siswa kelas II-2. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga pendekatan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam proses belajar, peranan kemampuan guru memegang peranan sangat penting karena guru harus memunyai kemampuan untuk mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan. Hasil dalam penelitian ini adalah kemampuan guru yang diperlukan dalam proses pembelajaran fikih. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan menguasai bahan, mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, menggunakan media atau sumber belajar, menguasai landasan-landasan pendidikan, mengelola interaksi belajar mengajar, menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran, mengenal fungsi dan program pelayanan bimbingan dan penyuluhan, mengenal dan menyelenggarakan admistrasi sekolah serta memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian pendidikan.

Kata kunci: kemampuan guru, proses pembelajaran fikih