Sosialisasi Koordinasi dan Penyampaian Program Kerja Madrasah Ramah Anak MAN 2 Tuban.

By Tim Redaksi 19 Apr 2022, 12:07:21 WIB

Sosialisasi Koordinasi dan Penyampaian Program Kerja Madrasah Ramah Anak MAN 2 Tuban.

Keterangan Gambar :


Pagi tadi (19/04) Satuan Pendidikan MAN 2 Tuban mengadakan sosialisasi koordinasi penyampaian program kerja satuan pendidikan terkait Madrasah Ramah Anak (MRA). Pelaksanaannya dilakukan di Gedung ruang kelas SBSN dari pukul 09.00. Sosialisasi dihadiri oleh Kepala MAN 2 Tuban dan 40 bapak ibu guru yang masuk dalam SK. Acara dibuka langsung oleh Kepala MAN 2 Tuban, Tasmo. 

Tujuan dari pada kegiatan ini adalah mewujudkan Madrasah Ramah Anak seperti yang telah disampaikan oleh Kepala Madrasah dalam sambutannya, "Bapak Ibu yang saya hormati mari kita ikuti kegiatan ini dengan baik untuk mewujudkan Madrasah Ramah Anak dan semoga kegiatan ini memberikan berkah manfaat untuk kita semua" tegasnya.

Kepala Madrasah juga menegaskan bahwa menghukum anak jangan menggunakan kekerasan. "Jika ada anak yang salah atau melanggar tata tertib, jangan menghukum dengan kekerasan tapi kita ciptakan agar anak-anak itu muncul kesadaran pada diri masing-masing", "mereka harus sadar bahwa apa yang dilakukan itu salah, sehingga tidak perlu menggunakan kekerasan" imbuhnya. Beliau mencontohkan kasus-kasus yang ada di MAN 2 Tuban yang mampu diselesaikan dengan tetap ramah anak.

Materi terkait Madrasah Ramah Anak disampaikan oleh Maspiah selaku ketua dan narasumber Madrasah Ramah Anak. Materi MRA dikupas tuntas oleh pemateri. Sebelumnya, Tim pengembangan MRA sudah dibagi ke dalam 7 bidang, yakni bidang pengawasan dan pelaksanaan pembelajaran yang ramah anak, pengawasan kesehatan dan lingkungan, koordinasi dan sosialisasi,  monitoring dan evaluasi, penanganan anak cenderung mengalami gangguan sosial, dan keagamaan, serta penanganan kasus. 

Di tengah menyampaikan materi Maspiah mengatakan "Ramah Anak tidak harus kita senyam senyum, anak melakukan kesalahan kita senyam senyum tapi tetap kita arahkan" Ungkapnya. 

"Setiap anak memiliki keunikan dan kecerdasan yang berbeda-beda jadi bagaimana kita mengajak diri kita untuk tidak menyamakan satu anak dengan yang lainnya", Dia melanjutkan, "setiap anak mampu menjadi bintang yang unik dan indah jika kita arahkan dengan baik dan benar" tegasnya.

Semoga dengan adanya sosialisasi Madrasah Ramah Anak ini menjadikan MAN 2 Tuban yang pada kenyataannya  telah mengimplementasikan madrasah yang ramah menjadi semakin ramah terhadap anak.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment