Rangkaian Kegiatan di Bulan Suci Ramadhan 1443 H MAN 2 Tuban

By Tim Redaksi 11 Apr 2022, 11:34:13 WIB

Rangkaian Kegiatan di Bulan Suci Ramadhan 1443 H MAN 2 Tuban

Keterangan Gambar : Pembukaan Kegiatan di Bulan Suci Ramadhan 1443 H MAN 2 Tuban


Pesantren Ramadhan adalah kegiatan rutin yang dilakukan tiap tahun oleh MAN 2 Tuban untuk mengisi kegiatan di bulan suci Ramadhan. Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan secara bergantian hari dimulai dari kelas X dan dilanjutkan kelas XI. Kelas X mengikuti pesantren ramadhan pada 11-13 April 2022 dan kelas XI di hari selanjutnya. Untuk kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara daring. Tujuan diadakan pesantren ramadhan ini adalah untuk mengisi bulan suci ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik keada Allah SWT. 
Pembukaan pesantren ramadhan dilaksanakan pagi tadi pukul 08.00 yang dibuka secara langsung oleh Kepala MAN 2 Tuban, Tasmo. Pembukaan dilakukan di Masjid Al Ihsan yang dihadiri oleh bapak ibu panitia, bapak ibu, dan pegawai MAN 2 Tuban.
Kegiatan pembukaan pesantren ramadhan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh siswa MAN 2 Tuban yang penuh hikmat. 
Diharapkan dengan adanya pesantren ramadhan ini mampu memotivasi peserta didik MAN 2 Tuban untuk    mengamalkan ilmu yang didapat bagi diri sendiri serta di lingkungan sekitarnya, ringan melaksanakan ibadah, dan gemar berbuat baik. 
Selain pesantren ramadhan, MAN 2 Tuban juga melaksanakan program lainnya seperti pengumpulan zakat fitrah, Takhtimul Qur'an, dan bakti dakwah. 
Tasmo selaku Kepala MAN 2 Tuban memberikan sambutan sekaligus motivasi untuk para peserta pesantren ramadhan. "Mari kita ikuti kegiatan ini dengan ikhlas bersumber dari hati nurani kita"tegasnya. Beliau juga memberi pesan kepada para peserta pesantren ramadhan untuk tidak menjadi pribadi yang malas. "belajar itu akan terasa enak, bisa menikmati kalau kita belajar tidak ada rasa berat, tidak malas, dan sekali lagi niatkan yang ikhlas bukan karena perintah bapak ibu guru, tapi karena panggilan hati sebagai muslim muslimah untuk beribadah khususnya di bulan suci ramadhan" ujarnya.  
"Nikmat yang tidak ada di bulan lainnya, inilah timing yang pas untuk kita cari  lailatul qadar, malam ini lebih baik dari 1000 bulan" lanjutnya. 
"Terima kasih dewan guru khususnya panitia penyelenggara pesantren ramadhan juga kepada anak-anak ikuti kegiatan ini sampai selesai" tegasnya.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment