MAN 2 Tuban Lakukan Ujian Praktik Keagamaan dan Lomba Bulan Bahasa

By Tim Redaksi 03 Nov 2021, 21:21:18 WIB

MAN 2 Tuban Lakukan Ujian Praktik Keagamaan dan Lomba Bulan Bahasa

Keterangan Gambar : Pembukaan Bulan Bahasa dan Ujian Keagamaan


WartaMandatu-MAN 2 Tuban menggelar pembukaan bulan bahasa, ujian keagamaan kelas XII serta sosialisasi ketertiban lalu lintas dan kenakalan remaja dari Polres Tuban, Selasa (2/11) di lapangan Timur MAN 2 Tuban. Kegiatan ini tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lantunan Ayat Suci Al-quran yang dibacaka oleh siswa MAN 2 Tuban. Dalam sambuttannya, Ketua Pelaksana Ujian Keagamaan, Drs. Mukhid, M. Ag mengatakan, Ujian Keagamaan dilaksanakan setiap tahun, ujian ini menjadi salah satu komponen yang harus ditempuh sebelum ujian lainnya.

Pada Ujian Keagamaan, peserta ujian dikelompokkan dalam 5 kelas dengan diuji oleh 15 guru yang berkompetensi dibidangnya.

“Indikator yang harus dituntaskan dalam ujian keagamaan meliputi membaca Al-quran dengan fasih, hafalan surat pendek juz ama dan ayat-ayat pilihan, menghafal dan mengaplikasikan doa-doa harian dalam kehidupan sehari-hari, praktik ibadah yg benar sesuai tuntunan nabi,” katanya.

“Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana secara kognitif psikologis terhadap materi yang diujikan, memberikan evaluasi dan penghargaan siswa-siswi sebagai syarat ujian praktik, secara sosial memberikan siswa-siswi MAN 2 Tuban memiliki kecakapan dalam agama, ibadah, dan, masyarakat sekitar tempat tinggal,” imbuhnya.

Harapannya menjadi karakter atau ciri khas madrasah adalah siap menjadi motivator atau uswah masyarakat. 

Ketua Pelaksana Lomba Bulan Bahasa, Dra. Yayuk Sugiharti mengatakan, acara sebenarnya dilaksanakan pada (28/10), namun karena suatu hal maka baru bisa dilaksanakan pada hari ini. Pada lomba bulan bahasa ini terdapat 4 lomba yang diadakan, yakni menulis dan membaca puisi, menulis dan membaca berita, pembawa acara, dan menulis cerpen. 

Tujuannya untuk menggali potensi yang ada pada diri siswa-siswi MAN 2 Tuban dalam hal kebahasan, selain itu agar semua siswa-siswi MAN 2 Tuban mencintai dan bangga dengan bahasa Indonesia” Ujar Yayuk Sugiharti.

“Terimakasih atas antusias dari siswa siswi MAN 2 Tuban untuk partisipasinya,” katanya. Peserta yang mengikuti lomba adalah 120 peserta berasal dari masing-masing lomba ada 30 peserta dari kelas X XI dan XII.

Plt. Kepala MAN 2 Tuban, Qomaruddin, S. Ag membuka kegiatan ini. Ia mengatakan, adanya bulan bahasa ini mengingatkan pada Sumpah Pemuda. Momen ini harus dimanfaatkan membekali anak-anak dengan menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia.

Ujian Praktik Keagamaan ini betul-betul fleksibel dalam pelaksaannya” Lanjutnya. Ia juga berharap dengan adanya Lomba Bulan Bahasa ini talent yang dimiliki oleh anak-anak dapat dikembangkan.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment